Selasa, 08 Oktober 2013

CSR yang dilakukan oleh PT INKA

CSR yang dilakukan oleh PT INKA

Corporate Social Responsibility atau yang biasa dikenal dengan sebutan CSR adalah suatu bentuk program perusahaan yang berkaitan dengan tanggung jawab atau suatu wujud kepedulian perusahaan terhadap lingkungan.  Kelangsungan hidup perusahaan tidak cukup hanya ditentukan oleh banyaknya profit yang dapat dihimpun oleh perusahaan dalam setiap tahunnya.  Lingkungan / masyarakat juga dapat mempengaruhi kelangsungan hidup perusahaan, tergantung dari tingkat sensitifitas lingkungan / masyarakat tersebut terhadap perusahaan.  Manajemen perusahaan harus peka terhadap tingkat sensitifitas lingkungannya.  Kepedulian dan kepekaan manajemen perusahaan terhadap hal-hal yang terkait dengan lingkungan atau masyarakat di sekitar perusahaan akan sangat membantu dalam menjaga kelangsungan hidup perusahaan.  CSR harus dilaksanakan secara efektif guna mencegah terjadinya benturan kepentingan antara perusahaan dengan lingkungannya.  Pengelolaan CSR yang tidak tepat sangat berpotensi menimbulkan konflik antaranya perusahaan dengan linkungan / masyarakat.  Hal ini tentu sangat tidak diinginkan oleh perusahaan karena akan menimbulkan Social Cost yang tinggi, yang pada akhirnya akan mengganggu terhadap kelangsungan hidup perusahaan.
Dalam menjalankan fungsi CSR, PT INKA (Persero) telah menetapkan program-program sebagai berikut :
1. Bantuan Bencana Alam.
Program ini sebagai wujud kepedulian PT INKA (Persero) terhadap hal-hal yang terkait dengan bencana alam.  Bantuan dapat berupa sarana maupun prasarana, baik penanggulangan maupun dampak akibat bencana, baik secara daerah, propinsi, maupun nasional.
2. Bantuan Pendidikan – Bea Siswa Berprestasi Keluarga Tidak Mampu
Program ini sebagai wujud kepedulian PT INKA (Persero) untuk membantu meringankan biaya pendidikan, khususnya bagi anak-berprestasi bidang akademik di sekolahnya dari keluarga tidak kurang mampu.
Pada tahun 2011 program ini dilaksanakan pada tanggal 2 Mei 2011 yang bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional.  Penerima Bea Siswa ini terdiri dari 45 siswa Sekolah Dasar (9 SD), 45 siswa tingkat SLTP (9 SMP), dan 58 siswa tingkat SLTA (6 SMA dan 6 SMK).
3. Bantuan Pendidikan – Bea Siswa Berprestasi Non Akademik
Program ini diberikan kepada putra-putri karyawan di lingkungan PT INKA (Persero) yang memiliki prestasi akademik di sekolahnya maupun prestasi non akademik, seperti prestasi di bidang olah sains, karya ilmiah, seni, & olah raga, baik tingkat daerah, propinsi, maupun nasional.
Pada tahun 2011 program ini akan dilaksanakan bertepatan dengan puncak acara peringatan Hari Ulang Tahun PT INKA (Persero).
4. Bantuan Pendidikan – Partisipasi Kegiatan Pendidikan
Program ini sebagai wujud kepedulian PT INKA (Persero) untuk membantu penyelenggaraan kegiatan yang terkait dengan pendidikan.  Wujud kepedulian PT INKA dalam bentuk sponsorship/ partisipasi / memberikan donasi untuk kegiatan antara lain seminar, olimpiade ilmiah, turnamen sekolah, praktek kerja nyata, dsb.
Sampai dengan bulan Agustus 2011 ini, anggaran tahun 2011 telah tersalur untuk 22 event kegiatan pendidikan.
5. Bantuan Keagamaan – Pembangunan & Rehab Masjid / Mushalla
Program ini sebagai wujud kepedulian PT INKA (Persero) terhadap lingkungan / masyarakat yang sedang melaksanakan kegiatan mendirikan / rehab tempat peribadatan umum, seperti masjid, mushalla, atau langgar.
Sampai dengan bulan Agustus 2011 ini, dari anggaran tahun 2011 telah tersalur untuk 25 pembangunan/rehab masjid & mushalla.
6. Bantuan Keagamaan – Sunatan Massal
Program ini sebagai wujud kepedulian PT INKA (Persero) untuk membantu mengkhitankan anak-anak dari keluarga tidak mampu atau panti asuhan.
Pada tahun 2011 program ini dianggarkan untuk 70 anak yang akan dilaksanakan bertepatan dengan libur anak sekolah Semester II.
7. Bantuan Keagamaan – Buka Puasa Bersama
Program ini sebagai wujud kepedulian PT INKA (Persero) untuk berbagi kebahagiaan saat berbuka puasa bersama dengan Dhuafa, Panti Asuhan, Pondok Pesantren, Sekolah Luar Biasa, dan anak-anak tidak mampu maupun yatim piatu di lingkungan perusahaan.
Pada tahun 2011 program ini telah dilaksanakan pada saat berbuka puasa Ramadhan 1432 H.  Sebanyak 13 panti asuhan/pondok pesantren/SLB dengan total 700 anak melaksanakan buka puasa bersama dan shalat jamaah Maghrib bersama di Masjid Al-Hadiid INKA.  Dalam kesempatan itu PT INKA memberikan Tali Asih
8. Peningkatan Kesehatan – Pengobatan & Tindak Lanjut Gratis
Program ini sebagai wujud kepedulian PT INKA (Persero) terhadap lingkungan masyarakat dalam bidang kesehatan.  Sasaran program ini adalah keluarga tidak mampu.
Pada tahun 2011 anggaran telah dipakai untuk membantu 1 orang anak yang menjalani operasi jantung dan 1 orang yang menjalani operasi mata katarak.
9. Peningkatan Kesehatan – Peningkatan Gizi Balita
Program ini sebagai wujud kepedulian PT INKA (Persero) terhadap peningkatan gizi balita agar tercukupi asupan gizinya.
10. Pembagian Sembako
Program ini sebagai wujud kepedulian PT INKA (Persero) terhadap masyarakat sekitar INKA, khususnya msyarakat kurang mampu dan masyarakat yang terkena dampak proses produksi PT INKA.
Pada tahun 2011 program ini dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus 2011 (seminggu menjelang Lebaran) dengan harapan sembako tersebut bermanfaat bagi si penerima saat merayakan hari raya.  Sembako yang dibagikan sebanyak 350 paket masing-masing terdiri dari 5 kg beras, 2 kg gula, 2 liter minyak goring, 225 ml kecap, dan   5 pack mie instan.
11. Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni
Program ini sebagai wujud kepedulian PT INKA (Persero) terhadap masyarakat untuk memiliki rumah yang layak sebagai tempat tinggal.
Pada tahun 2011 program ini dianggarkan sebanyak 6 rumah yang akan direhab yang pelaksanaannya pada akhir September 2011.
12. Peduli Lingkungan Hidup
Program ini sebagai wujud kepedulian PT INKA (Persero) terhadap permasalahan lingkungan hidup, seperti permasalahan selokan, sampah, reboisasi,dsb.
Kita berharap program CSR ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, khususnya warga di lingkungan sekitar PT INKA (Persero) sehingga dapat mencegah dampak sosial yang kontra produktif.  Semoga program ini dapat memberikan dampak positif dan kemudahan bagi kelangsungan hidup PT INKA (Persero).

http://www.inka.co.id/?page_id=25


Tidak ada komentar:

Posting Komentar